Alasan Mendalam di Balik Muharram sebagai Bulannya Allah, Ini Penjelasannya

BERITA TERBARU HARI INI – Alasan Mendalam di Balik Muharram sebagai Bulannya Allah, Ini Penjelasannya. Sebentar lagi kita akan memasuki bulan Muharram. Berdasarkan rilis Kementerian Agama 1 Muharram 1446 bertepatan dengan Minggu, 7 Juli 2024.

Muharram merupakan salah satu bulan dari empat bulan yang dimuliakan oleh Allah SWT. Firman Allah SWT dalam Al-Qur’an Surah Ar-Taubah ayat 36:

اِنَّ عِدَّةَ الشُّهُوْرِ عِنْدَ اللّٰهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِيْ كِتٰبِ اللّٰهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَ مِنْهَآ اَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ۗذٰلِكَ الدِّيْنُ الْقَيِّمُ ەۙ فَلَا تَظْلِمُوْا فِيْهِنَّ اَنْفُسَكُمْ وَقَاتِلُوا الْمُشْرِكِيْنَ كَاۤفَّةً كَمَا يُقَاتِلُوْنَكُمْ كَاۤفَّةً ۗوَاعْلَمُوْٓا اَنَّ اللّٰهَ مَعَ الْمُتَّقِيْنَ

“Sesungguhnya jumlah bulan menurut Allah ialah dua belas bulan, (sebagaimana) dalam ketetapan Allah pada waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya ada empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menzalimi dirimu dalam (bulan yang empat) itu, dan perangilah kaum musyrikin semuanya sebagaimana mereka pun memerangi kamu semuanya. Dan ketahuilah bahwa Allah beserta orang-orang yang takwa.

Tidah hanya sebagai bulan yang dimuliakan, Muharram juga disebut sebagai syahrullah al-aslam (bulannya Allah yang sunyi). Pertanyaannya adalah mengapa Muharram disebut bulannya Allah? Berikut ini penjelasannya.

Keutamaan Bulan Muharram

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *