5 Batasan Bertunangan dalam Islam, Catin Wajib Tahu!

BERITA TERBARU HARI INI – 5 Batasan Bertunangan dalam Islam, Catin Wajib Tahu!. Bertunangan diartikan sebagai kesepakatan mengikat antara dua orang yang akan menjadi pasangan suami istri. Dengan kata lain tunangan adalah sebuah proses menjaga komitmen yang biasanya ditandai dengan saling bertukar cincin.

Dalam masa pertunangan biasanya kedua pasangan akan berjanji untuk menjaga hati dan tidak melirik pilihan lain, selagi ikatan tersebut belum terputus atau dilepas oleh salah satu pihak atau berdasarkan kesepakatan keduanya.

Ada beragam tradisi dalam bertunangan. Namun, secara umum keseluruhan rangkaian acara atau seremonialnya tidak jauh berbeda.

Akan tetapi, jika dikaitkan dengan ajaran Islam istilah tunangan ini kerap kali disamakan dengan khitbah. Padahal antara “tunangan” dan “khitbah” memiliki perbedaan yang cukup mendasar.

Khitbah merupakan proses melamar wanita yang akan dinikahi dalam waktu yang tidak terlalu lama dilanjutkan dengan proses pernikahan.

Lantas, adakah hak yang harus dipenuhi antara pasangan yang bertunangan? Berikut ulasannya melansir dari suaramuhammadiyah.id.

Khitbah dalam Islam

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *